Selasa, 14 Juli 2015

Wisata Taman satwa Cikembulan Kadungora Garut Jawa Barat

Taman satwa Cikembulan, memiliki berbagai macam satwa, salah satu yang menjadi Favorit wisatawan yaitu: Macan Tutul Jantan, saat ini Kebun Binatang Cikembulan memiliki sekitar kurang lebih 214 Spesies, termasuk Harimau Sumatera. Selain Kebun Binatang Cikembulan juga menyediakan pemancingan bagi pengunjung yang suka memancing. Taman Satwa Cikembulan merupakan salah satu alternatif lain apabila Anda merencanakan berlibur ke Garut. Terletak sekitar 16 km dari pusat kota, atau 10 km sebelah Utara Tarogong, arah jalan menuju Bandung, tepatnya berlokasi di Kampung Jati Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut.
Wisata Taman satwa Cikembulan Kadungora Garut Jawa BaratKebun Binatang ini dinamai Kebun Binatang Cikembulan, karena area kebun binatang ini berada di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kab. Garut. Dan Lokasi untuk menuju area kebun binatang cikembulan cukup mudah karena sering dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Sedangkan dari jalan raya Bandung-Garut sekitar kurang lebih 2,5 Km. Transfortasi umum juga tidak begitu sulit, karena digerbang menuju area wisata kebun binatang banyak sekali transfortasi yang bisa digunakan yaitu jasa ojek dan delman yang siap mengantar anda menuju area Cikembulan. Kebun Binatang Cikembulan menyediakan berbagai wahana untuk anak-anak dan dewasa, seperti naik kuda, bebek air, ATV Road dan mobil kecil untuk anak-anak, selain untuk mengenali berbagai jenis binatang, anak-anakpun bisa bermain diwahana kebun binatang cikembulan.
Tiket masuk ke kebun binatang Cikembulan cukup murah meriah, dengan harga tiket yang terjangkau, kita bisa menikmati taman wisata satwa yang ada di kebun binatang cikembulan.  Taman wisata satwa Cikembulan suasananya sangat indah, sejuk dan segar.
Dan bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, transportasi pun tidak begitu sulit. Sama seperti jika Anda akan menuju Situ dan Candi Cangkuang, dari terminal Guntur, Anda tinggal menggunakan angkot nomor 10 yang menuju Leles dan Kadungora (berwarna hijau muda strip avokad), dan layanan ojek ataupun delman yang tersedia di jalan masuk di sebelah alun-alun Kecamatan Leles siap mengantar Anda menuju tempat tujuan. Sarana wisata di sekitar Taman Satwa Cikembulan yang bersuasana alami karena langsung berhadapan dengan Gunung Haruman, dimana gunung ini tempat lepas landas para penerbang olahraga paragliding, sehingga bisa menikmati keindahan alamnya yang begitu indah dan suasana sejuk. Panorama alam ini bisa sekaligus di saksikan langsung oleh kita dari area Taman Satwa Cikembulan Garut.
Taman Satwa Cikembulan didirikan tahun 1998, dan dibuka untuk umum pada tahun 2009 setelah mendapat ijin dari Kementrian Kehutanan Republik Indonesia. Berbeda dengan kebun binatang pada umumnya, tempat wisata dengan konsep “taman yang ada satwanya, satwa yang dihiasi taman”, disebutkan sebagai taman satwa satu-satunya di Jawa Barat. Luas area Cikembulan kurang lebih 5 ha.
Banyak sekali spesies yang ada di Cikembulan seperti : Aves atau burung (elang, angsa putih dan hitam, merak, kasuari, burung rangkong, belibis, pelikan, dan lain-lain), reptilia (buaya, ular), primata (orang utan, wau-wau, siamang, kera Jawa, lutung merah,), mamalia (kangguru, rusa tutul, kijang, beruang madu, anjing pitbull, landak, kuda poni, dan lain-lain), dan pisces (ikan) turut melengkapi jenis satwa yang ada di Taman Satwa Cikembulan. Tercatat sekurangnya 508 spesies hewan terdapat di Taman Satwa Cikembulan, termasuk Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) yang dilindungi karena tergolong salah satu binatang langka. Taman ini pun memiliki koleksi empat populasi Macan Tutul Jawa yang langka masing-masing berusia dua serta tiga tahun.
Harga tiket masuk Dewasa Rp. 12.000, sedangkan untuk anak-anak Rp 6.000. Tempat Wisata Cikembulan ini buka setiap hari pukul mulai 09.00-17.00 WIB. Untuk melengkapi keterbatasan satwa yang ada, tempat wisata ini menyediakan fasilitas lain, seperti : Restoran, Gazebo, Bungalow, Bebek Air, Arena Mainan Anak, ATV, Kuda Tunggang, dan Tempat Pancing. Terdapat pula Kolam Terapi Ikan yang menggunakan ikan mirip mujair bernama Garafura dengan panjang rata-rata 4 cm untuk membantu relaksasi Anda. Selain itu, tempat wisata ini pun menyediakan Pendopo untuk Pertemuan atau Gathering dengan daya tampung 100 orang.

Hal unik lain dari tempat wisata ini yang sangat jarang ditemukan di tempat lain adalah bungalow yang disediakan bagi Anda yang ingin merasakan sensasi bermalam di tengah kesejukan Taman Satwa Cikembulan. Dengan membayar biaya sewa Rp. 300.000, Anda sudah mendapatkan fasilitas menginap dan sarapan. Dan yang menarik adalah Morning Call Anda bukan lagi dengan suara operator seperti lazimnya hotel atau penginapan lain, melainkan oleh suara binatang di pagi hari di tempat Anda bersitirahat, terutama burung kasuari yang berada di halaman belakang dan samping bungalow.
Dengan adanya Taman Satwa Cikembulan dapat melengkapi tempat wisata di Garut. Khususnya bagi Turis luar daerah yang kebingungan mencari tempat wisata yang baru di Garut. Jadi, sudah dapat ide kemana lagi tempat wisata di Garut yang ingin di kunjungi, mungkin tempat wisata ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang ingin di kunjungi di Garut.


Referensi : infokotagarut

About Roniyadi :

Lorem ipsum dolor sit amet, pericula qualisque consequat ut qui, nam tollit equidem commune eu. Vel idque gloriatur ea, cibo eripuit ex.
View All Posts By inigarutku !

0 komentar:

All Rights Reserved. 2014 Copyright PICKER

Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates Designed By : inigarutku

Top